Selasa, 18 November 2014

SMART CARD BASED INTEGRATED ELECTRONIC HEALTH RECORD SYSTEM FOR CLINICAL PRACTICE

Smart card merupakan sebuah alat yang digunakan dalam pencatatan kesehatan secara elektronik dengan penggunaannya yang lebih efisien dan aman, data yang mudah diakses, fasilitas lebih mengarah pada proses implementasi yang sangat luas dirumah sakit.
Sistem ini kemudian trus dikembangkan dan lebih dikenal dengan sebutan sistem catatan kesehatan elektronik terpadu (IEHRS). Pada kartu, berisi tentang data pengenal pribadi dan informasi kesehatan pasien. Informasi pengenal pribadi pasien, nama pasien, tanggal lahir, jenis darah, jenis kelamin, alamat dan nomor telepon seluler disimpan dalam kartu pasien.
Sedangkan informasi kesehatan pasien yang disimpan dalam kartu adalah penyakit kronis atau penyakit penting dengan tanggal diagnosis, penggunaan obat secara permanen dengan dosis tertentu, alergi, imunisasi dengan tanggal pemberian, operasi bedah termasuk tanggal operasi, nama klinik, dan ringkasan informasi penting. Pemeriksaan terakhir pasien dan informasi resep juga disimpan dalam kartu.
Fungsi utama dari perangkat IEHRS adalah untuk beroperasi sebagai perangkat medispra –screening atau diagnostik. Tahap pertama daftar empat jenis data medis harus diukur dengan perangkat. Tekanan darah, glukosa darah, Pulse Oxymeter dan klinis analyzer. Dalam tahap kedua dari sistem komputer pribadi membaca data dari perangkat medis ini dan menyimpannya dalam database pasien tertentu. Dalam tahap ketiga data yang disimpan akan ditransfer ke Smart Card.

Implementasi
Perangkat lunak smart card dikembangkan dalam Visual Basic. Pengukuran kinerja beberapa juga diperoleh selama tes sistem, yang mengandung pengukuran waktu berlalu selama transmisi data antara kartu pintar klien aplikasi dan smart card. Mempertimbangkan data bus dengan 9600 baud, untuk mengirim perintah dan menerima respon dengan 255 byte data dan menampilkan konten terkait antar muka mengambil sekitar 1,5 s. Untuk menulis 255 byte data kartu pintar dan menerima tanggapan dari memakan waktu sekitar 2 kartu.
STATUS
Laporan IEHRS dapat dianggap sebagai otomatisasi kesehatan yang kuat dengan integrasi penggunaan kartu pintar kedalam sistem informasi rumah sakit yang ada. Namun, kontribusi smart card dalam studi mereka dibatasi bahkan dalam sistem-sistem yang sedang digunakan. Sistem ini memiliki desain yang dibatasi dimana smart card hanya berperilaku sebagai kartu laporan portabel kesehatan. Fitur keamanan dan otorisasi yang potensial yang tidak sepenuhnya disajikan
Rencana dimasa mendatang
Mengintegrasikan Smart Card dengan kapasitas yang lebih tinggi kedalam sistem untuk menyediakan penyimpanan data inspeksi dan resep yang lebih dari satu kartu dan menyederhanakan proses pemeriksaan dokter. Dengan penggunaan seperti kartu pintar kapasitas tinggi, kami juga bermaksud untuk menyimpan informasi tambahan medis seperti film-film X-ray dan menguji dokumen pada smart card.
Keuntungan
¢ Penggunaannya efisien dengan data yang mudah dan cepat akses fasilitas mengarah pada implementasi yang sangat luas dirumah sakit.
¢ Dapat mengetahui informasi pribadi dan informasi kesehatan umum tentang pasien yang dimuat ke kartu smart milik pasien
¢ Meningkatkan akurasi, kualitas perawatan pasien, mengurangi biaya dan efisien
¢ Smart card dapat dibawa dimana saja dan kapan saja
¢ Terjaganya keamanan data
Kekurangan
Ada kemungkinan terjadi error yang menyebabkan kehilangan data secara tiba-tiba, baik itu karena kesalahan teknis maupun karena virus
Kemungkinan diterapkan di Indonesia
Memang banyak manfaat yang dapat diambil dari teknologi ini, namun proses administrasi yang rumit dan kualitas sumber daya manusia menjadi kendala utama. Dari segi konsumen atau pasien, Biaya yang sedikit lebih tinggi juga berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk menggunakan kartu ini, karena bagi sebagian masyarakat daripada uang dihabiskan untuk mengurus kartu yang belum tentu mereka dapat memanfaatkan secara optimal, lebih baik untuk mengisi perut saja.

sumber : http://ptdknurse.wordpress.com/2014/05/14/smart-card-based-integrated-electronic-health-record-system-for-clinical-practice/

Tidak ada komentar:
Write komentar