Kamis, 20 November 2014

CARE2X HOSPITAL INFORMATION SYSTEM

Care2x HIS merupakan sebuah aplikasi yang menangani sistem informasi di rumah sakit yang dikembangkan oleh kelompok pengembang dibawah bendera care2x. Care2x HIS didesain untuk mengintegrasikan berbagai sistem informasi yang ada di rumah sakit menjadi satu sistem informasi yang efisien. Selain menangani berbagai jenis proses medis care2x HIS juga menangani berbagai proses non-medis seperti kamera keamanan, Intranet Email, Perawatan Database dari Care2x, dll.
Care2x HIS menawarkan system informasi yang dapat memecahkan beberapa permasalahan dalam hal system informasi yang biasa terjadi didalam sebuah rumah sakit antara lain :
  • memiliki modul – modul untuk menangani sebagian besar fungsi dan departemen yang dimiliki oleh rumah sakit yang biasanya ditangani oleh berbagai aplikasi terpisah sehingga menyulitkan untuk mengintegrasikan informasi yang ada.
  • Menggunakan database dan format data tunggal untuk seluruh modul yang ada sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan masalah redudansi data.
  • Menggunakan SQL sebagai format data yang merupakan format standar/umum saat ini sehingga memungkinkan care2x HIS berkomunikasi dengan seluruh system yang dimiliki care2x dan juga berbagai aplikasi lain diluar lingkup care2x.
  • Care2x HIS menggunakan PHP dan Javascript sebagai bahasa pemrogramman sehingga mampu dijalankan pada berbagai jenis system operasi dengan menggunakan web browser standar.
  • Aplikasi dan komponen pendukung dari Care2x HIS (Apache webserver, PHP Scripting Language, MySQL database, Internet/Intranet Webbrowser) merupakan aplikasi open source yang bebas biaya sehingga proses instalasi, pengembangan, dan perawatan tidak memerlukan biaya yang besar.
  • Seluruh modul diimplementasikan pada server (server side) sehingga proses penambahan modul atau update tidak perlu dilakukan pada setiap workstation yang dapat mengganggu proses pelayanan.
Selain fitur-fitur diatas, Care2x HIS juga memperhatikan masalah kerahasiaan data, khususnya masalah keamanan rekam medis pasien dan rahasia institusi dengan menerapkan beberapa lapis system keamanan antara lain, kebijakan hak akses yang berbeda untuk setiap orang/user apabila ingin menambah, melihat, memodifikasi ataupun menghapus data yang ada, hak akses diterapkan sesuai hirarki dari user sehingga setiap user memiliki hak dan tanggung jawab yang jelas, seluruh password dan data yang diproses oleh aplikasi care2x HIS disimpan dalam keadaan terenkripsi (dikodekan) pada sebuah Bank Data dan hanya dapat diakses oleh System Administrator, pencatatan dilakukan setiap kali user melakukan/mencoba masuk kedalam system pada sebuah log sehingga dapat di telusuri balik, hak akses setiap user memiliki waktu kedaluwarsa sehingga password akan selalu diperbaharui untuk menjamin keamanan data, data yang dikirim dari server ke workstation melalui jaringan akan dilindungi dengan dengan mekanisme enkripsi sehingga akan menyulitkan apabila ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ingin mencuri data. Sebagai aplikasi berbasis web Care2x HIS memungkinkan aplikasi ini untuk diakses melalui internet dan untuk melakukan hal tersebut diperlukan hak akses khusus.
AKBAR CS HARI

Care2x HIS merupakan salah satu produk dari Care2x yang didesain mampu berintegrasi menjadi satu dan dapat diintegrasikan dengan berbagai system informasi kesehatan lain yang telah ada sebelumnya, adapun aplikasi lain yang menjadi bagian dari system informasi kesehatan yang menjadi produk dari Care2x adalah Care2x PM (Practice Manajemen) yang diperuntukkan untuk menangani system informasi pada institusi kesehatan yang bersifat pribadi seperti praktik dokter/bidan swasta, Care2x Central Data Server yang didesain untuk menjadi pusat data dari sebuah system informasi kesehatan dan Care2x Health Xchange Protocol yang menjembatani aplikasi baik yang merupakan produk dari care2x maupun dari produk lain.
FITUR / FUNGSI
Seperti dijabarkan sebelumnya, Care2x HIS memiliki modul/fitur yang menangani hampir seluruh bisnis proses yang ada pada institusi Rumah Sakit, berikut sekilas tentang fitur yang dimiliki oleh Care2x :
  • Home
Modul ini merupakan rangkuman / gambaran umum dari seluruh kegiatan/informasi yang ada pada institusi, berisi informasi antara lain berita, jam kerja, modul kafetaria (menu hari ini), modul kalendar (daftar dokter jaga, perawat jaga), dll
  • Appointment
Sesuai nama modul, modul ini berisi informasi mengenai jadwal/rencana pertemuan antara pasien dan dokter, mendaftarkan pasien kepada dokter sesuai jadwal yang telah dicatat sebelumnya. Sedangkan proses untuk menjadwalkan pertemuan dilakukan pada modul person.
  • Person
Modul person akan menyimpan informasi mengenai seluruh aktifitas dari pasien yang pernah/sedang memanfaatkan fasilitas Rumah Sakit (RS). Informasi yang terekam pada modul ini antara lain, data pribadi pasien, kunjungan pasien, menjadwalkan pertemuan, menampilkan Electornic Medical Record (EMR), dll
  • Admission
Modul ini berfungsi untuk merekam seluruh bisnis proses selama pasien dirawat di RS, informasi yang diproses oleh modul ini antara lain pendaftaran pasien (baru, yang sudah dijadwalkan sebelumnya, dll), mencetak gelang identitas, penempatan kamar/bed untuk rawat inap dan merujuk ke klinik tertentu untuk rawat jalan, peresepan, dll.
  • Ambulatory
Seluruh kegiatan yang berhubungan dengan ambulan akan direkam/ditampilkan pada modul ini, seperti menampilkan jadwal ambulan, daftar tunggu untuk pasien rawat jalan, transfer pasien, dll.
  • Medocs
Modul ini berfungsi untuk mencatatan dokumen pasien.
  • Doctors
Modul ini menggambarkan seluruh aktivitas dokter seperti, jadwal jaga, daftar dokter yang ada, informasi mengenai kontak dokter, dll.
  • Nursing
Modul ini merupakan modul yang menangani seluruh aktifitas kegiatan dari suster/perawat seperti, status bed/kamar, daftar pasien yang menempati bed/kamar, menempatkan pasien pada bed/kamar, melepas status terpakai pada bed/kamar (pasien selesai menempati bed/kamar), dll.
  • OR
Operational Research merupakan modul yang mencatat semua kegiatan medis dari dokter/perawat.
  • Laboratories
Modul laboratories (Laboratorium) akan mencatat semua kegiatan yang ada di laboratorium, adapun jenis laboratorium yang dapat ditangani oleh Care2x antara lain, Lab. medis, Lab. Phatology, Lab. Bakteriology, Bank Darah dan administrasi.
  • Radiology
Seperti modul laboratories, modul Radiology akan merekam kegiatan pada bagian radiologi seperti, mencatat permintaan untuk pemeriksaan radiologi, mencatat hasil tes, berhubungan dengan peralatan tes (Dicom), meng-upload gambar hasil dari alat tes, dll.
  • Pharmacy
Pencatatan mengenai keluar masuk obat akan dicatat pada modul ini, seperti pencatatan obat baru, menambah jumlah obat, mengeluarkan obat sesuai permintaan, catalog obat, dll.
  • Medical Depot
Modul ini memiliki alur kerja yang serupa dengan modul pharmasi hanya saja objek yang ditangani pada modul ini adalah peralatan medis yang dibutuhkan oleh rumah sakit.
  • Directory
Modul ini merupakan modul tambahan yang berisi daftar seluruh telepon yang berhubungan dengan rumah sakit.
  • Technical Support
Seluruh kegiatan perbaikan yang terjadi pada rumah sakit akan dicatat pada modul ini, seperti permintaan akan perbaikan, laporan penyelesaian perbaikan, kumpulan kegiatan perbaikan, dll.
  • EDP
Modul ini lebih bersifat penanganan/perawatan terhadap aplikasi Care2x HIS, seperti mengatur hak akses user, penanganan database dengan aplikasi PHPMyAdmin, mengkonfigurasi aplikasi, dll.
  • Intranet dan Internet Email
Aplikasi Care2x HIS juga memiliki kemampuan sebagai untuk mengelola email baik yang bersifat intranet yang disimpan pada server lokal maupun pada server luar (internet).
  • Special Tools
Modul ini merupakan modul khusus yang menangani beberapa kegiatan antara lain eComBill yang berfungsi untuk mencetak tagihan, Personel Manager untuk memproses data karyawan, Insurance Company Manager untuk mendata perusahaan asuransi yang memiliki kerja sama dengan pihak rumah sakit, Address Manager yang merekan data alamat, Photolab yang berhubungan dengan gambar baik pasien maupun medis, Video Security untuk kamera keamanan, Calendar, Calculator, Clock, Access Password, dll.
Secara garis besar aplikasi Care2x layak untuk dipertimbangkan sebagai aplikasi alternatif untuk Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, mengingat beberapa kelebihan yang ditawarkan tanpa mengabaikan faktor perbedaan dari bisnis proses yang ada pada setiap rumah sakit. Penyesuaian dapat dilakukan dengan leluasa mengingat aplikasi ini bersifat open source sehingga siapa saja dapat memodifikasi aplikasi ini. Dokumentasi yang disediakan oleh pihak pengembang relatif jelas untuk semua pengguna, baik user, administrator maupun pengembang perangkat lunak.
Pemikiran pengembang dari Care2x untuk mengembangkan aplikasi yang mampu menjembatani berbagai aplikasi untuk dapat saling bertukar data/informasi patut ditiru dan diimplementasikan, khususnya oleh pihak pemerintah, didalam mengembangkan sebuah system informasi kesehatan daerah sehingga seluruh data/informasi mengenai kesehatan dapat terintegrasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.


sumber : http://simkesopensource.wordpress.com/

Tidak ada komentar:
Write komentar