Kamis, 20 November 2014

OpenMRS, Aplikasi Rekam Medis Gratis

Pengelolaan data pasien yang sangat banyak akan menyulitkan ketika dilakukan secara manual sehingga penerapan teknologi menjadi sebuah hal yang penting untuk efektivitas dan efisiensi. Aplikasi rekam medik telah banyak tersedia, baik yang berlisensi ataupun yang tidak berbayar atau gratis. Diantara aplikasi rekam medis yang tidak berbayar adalah OpenMRS.

OpenMRS adalah sebuah rekam medis elektronik perusahaan (enterprise electronic medical record) yang dikembangkan oleh komunitas dan memiliki kode sumber (source code) yang terbuka (open source). Dengan desain open source tersebut, maka OpenMRS dapat dikembangkan sendiri oleh pengguna meskipun tanpa kemampuan pemrograman yang mendalam, namun lebih ditekankan kepada analisis sistem dan pengetahuan medis/klinik.

OpenMRS dibuat dengan struktur basis data konseptual yang tidak tergantung dengan jenis informasi yang ingin ditampilkan atau dikelola, sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai kepentingan pengelolaan informasi yang dimiliki oleh pengguna. Selain itu, OpenMRS dapat dikembangkan dengan sistem modular, yang artinya pengembangan dapat dilakukan per modul sesuai dengan kebutuhan. OpenMRS adalah program berbasis web dengan Java sehingga dapat berjalan di berbagai sistem operasi (Aprisa, 2010). (Baca di http://simkes.fk.ugm.ac.id/2010/10/ulas-dan-coba-openmrs-bersama-developer-nyoman-ribeka-di-fiki-2010/).

Aplikasi ini dapat dikembangkan sedemikian rupa oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan tanpa harus mengeluarkan dana besar untuk membangun sebuah fasilitas rekam medis elektronik. Yang diperlukan adalah itikad baik, motivasi yang kuat dan kreativitas agar aplikasi ini dapat dikembangkan dan diimplementasikan sesuai kebutuhan pengguna.

Informasi selengkapnya tentang OpenMRS ini dapat dibaca di http://openmrs.org/. 

sumber : http://abhique.blogspot.com/2010/10/openmrs-aplikasi-rekam-medis-gratis.html

Tidak ada komentar:
Write komentar