Sabtu, 22 November 2014

Tips : Bagaimana Memilih SIM Rumah Sakit yang Handal

Memilih aplikasi untuk rumah sakit (SIM RS) ternyata memerlukan kehati-hatian, karena memang di pasaran tersedia banyak sekali, dari yang berharga murah dan bahkan bisa menyicil hingga berharga milyaran.. Oleh karena itu, memilih software SIMRS tidaklah mudah, banyak parameters yang harus diperhatikan agar tidak kecewa karena investasinya pasti mahal. Berikut adalah beberapa tips yang diambil dari berbagai sumber bagaimana memilih SIMRS yang baik :
  1. Pastikan si pengembang sudah berpengalaman minimal implementasi 2 rumah sakit atau lebih.
  2. Pastikan si pengembang bisa mempresentasikan software SIMRSnya yang bisa ngelink
  3. Pastikan SIMRS mendukung multi tarif karena setiap rumah sakit pasti mempunyai multi tarif.
  4. Untuk Farmasi pastikan ada modul pembelian, penjualan, inventory multi gudang, dan pastikan pula SIMRS bisa menentukan multi margin obat dan alkes.
  5. Untuk bagian Marketing pastikan SIMRS bisa membatasi obat yang di-Cover asuransi atau tidak, bisa mengatur tarif sesuai kontrak dengan asuransi, serta multi administrasi.
  6. Pastikan laporan-laporan sudah cukup lengkap.
  7. Pastikan SIMRS support dengan laporan DEPKES RL1-RL6.
  8. Terjaminnya Implementasi Sampai Jalan.
 Berikut beberapa tips guna memilih aplikasi SIMRS yang tepat sehingga investasi, konsumsi waktu dan tenaga tidak sia-sia.
  1. Client Listed, jika vendor telah memiliki beberapa daftar klien yang telah menggunakan aplikasi SIMRS, ini bisa menjadi acuan sebelum menentukan untuk memilih vendor SIMRS.
  2. Ready to Use, pastikan aplikasi SIMRS telah siap pakai dan dapat dikustomisasi selanjutnya jika ada beberapa penambahan maupun pengembangan SIMRS
  3. Demo Screen, pada saat vendor melakukan presentasi, tanyakan juga kepada vendor untuk melakukan demo. Demo tersebut dapat di mulai dari yang sederhana seperti pendaftaran, konsul dokter, pemberian tindakan baik tindakan penunjang medis maupun tindakan medis lainnya. lalu pemberian obat dari apotik kemudian lihat dan cocokan jumlah tagihan pasien.
  4. Staying Power, pastikan vendor SIMRS telah berdiri sedikitnya 5(lima) tahun. lima tahun merupakan waktu yang cukup baik untuk vendor dalam memberikan layanan purna jual, pengembangan yang berkelanjutan, pemahaman akan aplikasi SIMRS semakin matang serta eksistensi vendor tersebut. jangan sampai anda membeli aplikasi SIMRS setelah tahun kedua vendor tersebut telah tutup
  5. Trial Version, jika memungkinkan, minta vendor untuk memberikan trial minimal 3(tiga) bulan. memang diperlukan biaya implementasi khusus pada periode trial, setidaknya meyakinkan anda sebelum memutuskan akan memilih vendor SIMRS.
Kesimpulan:
Ada banyak vendor SIMRS di indonesia, baik yang berasal dari luar negeri maupun lokal tidak  menjamin bahwa aplikasi yang mereka tawarkan adalah yang terbaik. Harga Aplikasi, baik yang mulai dari 75jutaan ± 3 Miliar semuanya memberikan fungsi dasar yang sama. Yang membedakan adalah beberapa fitur tambahan, proses implementasi, kustomisasi, layanan teknis, dan lainnya.


sumber : http://rsud.rejanglebongkab.go.id/tips-bagaimana-memilih-sim-rumah-sakit-yang-handal/

1 komentar:
Write komentar
  1. The Wynn, Macau – Mapyro
    Discover, 경주 출장안마 compare, and chose the best hotels and resorts in 당진 출장마사지 Macau 영주 출장마사지 from 통영 출장마사지 994 창원 출장마사지 visitors. Find your perfect getaway. The Wynn Resort. Casino.

    BalasHapus