Kamis, 20 November 2014

Daftar Software Sistem Informasi Kesehatan dan Farmasi Gratis

Pentingnya software sistem informasi kesehatan bagi rumah sakit atau puskesmas tidak diragukan lagi. Sistem Informasi jelas dapat meningkatkan kinerja dan manajemen menjadi lebih terorganisir. Tidak terkecuali dalam dunia kesehatan, keberadaannya dalam rumah sakit sangatlah diperlukan baik dalam pencatatan billing, rekam medis hingga data laboratorium. Mengingat pentingnya software sistem informasi kesehatan ini, muncul pertanyaan: kenapa lembaga kesehatan yang lebih kecil seperti Puskesmas, Apotek atau Klinik tidak memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan sistem informasi ini. Karena faktanya banyak sekali aplikasi/ program sistem informasi kesehatan yang bisa didapatkan secara gratis atau cuma-cuma. Sistem informasi kesehatan ini dikembangkan secara open source sehingga siapa saja bisa mengembangkan ulang sistem informasi yang sudah ada dan disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat kita. Selain itu, meskipun sifatnya open source tapi cakupan bidang kerja ternyata sangat luas dan lengkap dari mulai billing, riset klinik, dentistry, kesehatan publik, manajemen rumah sakit, manajemen laboratorium, hingga perawatan ambulan. Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar software sistem informasi kesehatan dan farmasi di bawah ini:
Software Riset Klinik
OpenClinica, software ini gratis open source dan berbasis web berguna untuk manajemen data riset klinik. Anda dapat mendapatkannya pada
Situs: http://www.openclinica.org/
Caisis, berguna untuk menjembatani antara riset klinik dan prakteknya dengan identifikasi masalah melalui dokumentasi data pasien
Situs: http://www.caisis.org/
SOFA, Simulation Open Framework Architecture berguna untuk praktek riset untuk membantu mengembangkan algoritma baru dan dapat digunakan juga untuk alat prototype yang efisien.
Situs: http://www.sofa-framework.org/
Aplikasi Kedokteran Gigi
Open Dental, sebelumnya dikenal dengan free dental adalah aplikasi yang dikembangkan secara open source menggunakan pemrograman C# untuk manajemen ahli gigi.
Situs: http://www.opendental.com/
OpenMolar, program manajemen praktek dokter gigi seperti jadwal pertemuan, catatan pasien, billing, rencana perawatan dan lain-lain.
Situs: https://launchpad.net/openmolar
Software Penanggulangan Bencana dan Penyakit
RODS, atau singkatan dari Real-time Outbreak and Disease Surveillance adalah sistem pemantau kesehatan publik yang dikembangkan oleh University of Pittsburg deteksi dini dan penanggulangan wabah / penyakit.
Situs: http://openrods.sourceforge.net/
TriSano™, aplikasi pemantau kesehatan publik dan pencegahannya terhadap penyakit menular, bahaya lingkungan, serangan bioteroris dan lain-lain.
Situs: http://www.trisano.org/
Program Pencatat Sejarah Medis atau Rekam Medis
Ultimate EMR, program pencatar rekam medis yang kaya fitur dan lengkap untuk lembaga medis seperti puskesmas, apotek dan klinik.
Situs: http://www.uemr.com/
ClearHealth, aplikasi penunjang manajemen praktek kedokteran dan EMR yang dilengkapi dengan demography, penjadwalan, catatan lengkap billing, manajeman penyakit dan sebagainya
Situs: http://www.clear-health.com/
MedClipse, program EMR lainnya yang membantu manajemen agenda, billing, manajemen data administratif dan medis, pemberian resep dokter, referal dan lainnya.
Situs: http://www.medclipse.ch/
Program Manajemen Rumah Sakit
Hospital OS, Sistem Informasi Rumah Sakit untuk rumah sakit menengah dengan kira-kira 100-200 tempat tidur
Situs: http://www.hospital-os.com/en
OpenMEDIS, program medis yang simple namun fleksibel dan cukup memenuhi standar untuk mengumpulkan data dan manajemen informasi yang cukup lengkap
Situs: http://sourceforge.net/projects/openmedis/
Eureka, aplikasi yang berguna untuk manajemen shift kerja (pergantian shift kerja).
Situs: http://sourceforge.net/projects/eurekaworkshift/
OpenVista, sistem manajemen rumah sakit yang lengkap dari mulai laboratorium, radiology, Farmasi, Dokumentasi klinik, gizi, CPOE dan lain-lain
Situs: http://openvista.sourceforge.net/
Sistem Informasi Laboratorium
YaNuCa, atau Yet another Nutricion Calculator berbasis web untuk kalkulasi gizi perawatan pasien intensif.
Situs: https://savannah.nongnu.org/projects/yanuca
Bika LIMS, aplikasi ini merupakan aplikasi manajemen lab berbasis web yang lengkap
Situs: http://bika.sourceforge.net/
Sistem Informasi Manajemen Praktik (Dokter)
Elexis Praxisprogramm, program yang mendukung segala aspek praktik dokter seperti EMR, temuan lab, sekaligus akunting dan billing dan pekerjaan harian lainnya.
Situs: http://www.elexis.ch/
TORCH, aplikasi ini didesain berdasarkan “web enabled” EHR yang cocok digunakan bagi praktek perorangan.
Situs: http://sourceforge.net/projects/op-torch/
OpenTAPAS, singkatan dari Technology Assisted Practice Application Suite adalah aplikasi yang khusus dibuat untuk membantu praktek dokter yang sesuai dengan standar HL7.
Situs: http://tap-apps.sourceforge.net/
Masih banyak lagi software sistem manajemen kesehatan lainnya, untuk daftar lebih lengkap bisa dibaca pada Free Medical Software.
sumber : http://blog.finderonly.net/2014/software-sistem-informasi-kesehatan-dan-farmasi.html

Tidak ada komentar:
Write komentar