Selasa, 18 November 2014

Mendesain SIM Keperawatan (bag 5)

Integrasi SIM RS

SIM Keperawatan dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit bagi saya ibarat sebuah asesoris mobil bagi sebuah mobil. Sangat sedikit direktur rumah sakit yang berkenan melirik tentang pentingnya SIM Keperawatan. Berbeda dengan Billing System dalam SIM-RS. Hampir semua direktur membutuhkan dan menganggap penting tentang Billing System. Alasannya jelas sangat logis, karena berhubungan dengan transaksi keuangan. Semua direktur rumah sakit membutuhkan transaksi keuangan yang cepat, laporan keuangan yang cepat, transparasi laporan dan lain-lain. Karena pentingnya Billing System dalam SIM-RS ini, sampai-sampai beberapa presentasi tentang SIM-RS, isinya hanya Billing System.
Dalam mendesain SIM Keperawatan perlu dipikirkan tentang integrasinya dengan SIM-RS. Kebutuhan integrasi ini menjadi penting, agar manfaat yang dihasilkan dari SIM Keperawatan menjadi lebih optimal. Dengan integrasi, maka data dasar pasien (nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat dll) tidak perlu dientry sendiri oleh perawat.

Dengan mengintegrasikan dengan SIM-RS, perawatpun dapat mengakses data lain yang dibutuhkan oleh perawat semisal hasil pemeriksaan laboratorium dari LIS, obat-obatan yang didapatkan pasien dari SIM Farmasi, hasil pemeriksaan radiologi dari RIS, diagnosa medis dari EMR dll.
Bahkan dengan mengintegrasikan SIM Keperawatan dengan SIM-RS, kitapun dapat menghasilkan Rekam Medik Elektronik yang terintegrasi semua profesi seperti yang dipersyaratkan dalam Akreditasi KARS versi 2012.

Profesi lainpun seperti dokter dan ahli gizi juga bisa mengakses catatan perawat bila dibutuhkan. Bahkan Discharge Planning, Pendidikan Pasien, SOP, laporan keuangan dari aktifitas keperawatan dapat terfasilitasi dalam SIM yang terintegrasi ini. Sehingga cara yang paling mudah bagi teman-teman perawat yang ingin mengembangkan SIM Keperawatan sementara di rumah sakit sudah ada Billing System, tinggalah mengajukan proposal tentang pengembangan SIM Keperawatan, dan progremer yang mengambangkan Billing System itu untuk mendesain SIM Keperawatan sesuai selera kita.

sumber : http://nursinginformatic.wordpress.com/2012/07/17/mendesain-sim-keperawatan-bag-5/

Tidak ada komentar:
Write komentar