Senin, 17 November 2014

PERANAN SISTEM INFORMASI RS BAGI RUMAH SAKIT

Sistem Informasi Rumah Sakit di tahun 2000 an ini menjadi suatu bagian yang dibutuhkan banget oleh rumah sakit. Bisa kita katakan dampak dari perbaikan manajemen atau manajemen yang baik tidak lepas dari Sistem Informasi Rumah Sakit yang ada. Sebenarnya apa yang di produksi dari Sistem Informasi Rumah Sakit itu?
Sistem Informasi Rumah Sakit merupakan suatu bagian atau departemen tersendiri dalam rumah sakit yang salah satu tugasnya yaitu membuat program aplikasi yang biasa orang sebut dengan nama SIMRS.
Aplikasi ini yang akan menerjemahkan suatu sistem yang ada di rumah sakit menjadi suatu program aplikasi sehingga dengan program aplikasi ini maka diharapkan kerja diberbagai unit yang ada di rumah sakit menjadi lebih efisien baik dari segi waktu maupun biaya.
Setelah semua sistem dari tiap unit sudah diterjemahkan menjadi suatu aplikasi SIMRS maka program SIMRS ini akan menjadi program aplikasi yang terintegrasi. Maksudnya terintegrasi yaitu semua unit kerja itu cara kerjanya saling terkait dengan unit kerja lainnya dan bekerja sesuai dengan profesinya masing-masing, atau bisa dikatakan bahwa program SIMRS itu merupakan penghubung antar unit baik itu bagian pelayanan, penunjang, administrasi, keuangan dan akuntansi.
Nah.... dari sinilah peranan penting SIMRS itu sudah bisa di tebak.... Kalau dari semua lini atau unit sudah menjalankan SIMRS yang terintegrasi maka secara tidak diketahui oleh operator yang memasukkan data dalam SIMRS ini, data tersebut sudah bisa dijadikan suatu report yang dibutuhkan oleh manajemen atau yang bisa oleh orang-orang ahli IT dikalangan rumah sakit di sebut dengan Eksekutif Report (ER) dan Decision Support System (DSS).
Peranan Eksekutif Report ini akan di analisa oleh managemen dan kemudian dengan data yang ada ini maka managemen bisa menjadikan dasar untuk membuat suatu kebijakan ataupun keputusan.
Peranan Decision Support System (DSS) adalah suatu data tanpa melalui analisa dulu tapi bisa langsung digunakan untuk mengambil suatu kebijakan ataupun keputusan.
Beberapa contoh dari ER dan DSS antara lain Laporan jumlah pasien dari suatu kelurahan atau kecamatan. Laporan pendapatan netto rumah sakit dan lain-lain.
Nah.... Untuk mendukung Eksekutif Report (ER) dan Decision Support System (DSS) ini maka syaratnya SIMRS itu harus lengkap yang meliputi:
1. Aplikasi Front Office System ( Pelayanan medis, Penunjang medis )
2. Aplikasi Back Office System ( Keuangan dan Akuntansi, Pelaporan Statistik, HRD )
Di samping ini masih banyak manfaatnya lagi SIMRS yang terintegrasi itu semisal mengurangi kebocoran keuangan, sarana komunikasi antar unit dan lain-lain. Tapi puncak nya adalah Eksekutif Report (ER) dan Decision Support System (DSS).
Sumber : http://hankshare.blogspot.com/2014/03/peranan-sistem-informasi-rs-bagi-rumah.html

Tidak ada komentar:
Write komentar